Laman

Rabu, 20 Februari 2013

tokoh wayang

 RARASATI


Ini merupakan salah satu gambar yang saya buat waktu saya SMA. Tokoh wayang Rarasati, gambar ini saya buat ketika guru seni rupa saya memberi tugas menggambar tokoh wayang. Di blog ini saya akan menjelaskan siapa Rarasati itu.
Rarasati adalah anak Antagopa, penggembala ternak Prabu Basudewa di Madura. Tetapi sebenarnya Rarasati adalah putri Basudewa yang dirahasiakan. Rarasati adalah adik Patih Udawa di Dwarawati. Rarasati terhitung hanya seorang hamba, tetapi karena kecantikannya dan juga karena dalam bathin ia seorang puteri raja, begitu juga saudara Patih Udawa, maka ia diperisteri sebagai gundik oleh Arjuna. Rarasati sangat setia kepada Arjuna, apa yang diajarkan oleh Arjuna kepadanya diamalkannya dengan sempurna, maupun perihal menggunakan senjata. Karena itu ia juga sebagai puteri prajurit. Pada lakon Srikaridi maguru manah (berguru memanah) pada Arjuna, Rarasatilah yang melawan bertanding memanah dengan Srikandi. Srikandi dikalahkan, yang kemudian Srikandi berguru pada Rarasati, hingga, Srikandi berkepandaian sebagai Rarasati.

BENTUK WAYANG

Rarasati bermata jaitan, hidung mancung, muka agak mendongak. Bersanggul gede (besar) dengan sebagian rambut terurai. Berjamang dan sunting waderan, berkalung bulan sabit, bergelang dan berpontoh. Berselendang. Kain dodot putren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar